18 November 2010

Google Chrome 2.0 Developer preview

Chrome sebagai Browser dari Google kini sudah mencapai versi 2.0. Namun Chrome 2.0 saat ini hanya tersedia di Developer preview channel. Namun untuk para pengguna yang ingin mencoba dan terus mengikuti perkembangan update Google Chrome bisa menggunakan Tool Google Chrome Release Channels.

Google Chrome Release Channels adalah sebuah pilihan yang diberikan Google kepada pengguna Chrome untuk memilih rilis yang diinginkan, apakah stable, beta, atau developer preview.

Informasi masing-masing channel adalah sebagai berikut :
Stable channel

    * Setiap orang akan berada pada Stable channel ketika pertama kali menginstall Google Chrome dari Google. Stable channel akan diupdate dengan fitur dan perbaikan yang telah diuji pada Beta channel. Jika menginginkan browser Google Chrome yang solid tetapi tanpa fitur terbaru, Stable channel adalah pilihan untuk Anda. Update direncanakan empat bulan sekali.

Beta channel

    * Ini ditujukan untuk para pengguna Chrome yang ingin menggunakan dan membantu memperbaiki fitur terbaru yang ada pada Beta channel. Sekitar sebulan sekali, Google akan mempromosikan fitur yang lengkap dan stabil dari Developer channel ke Beta channel. Beta channel lebih stabil daripada Dev channel, tetapi ini mungkin masih memerlukan perbaikan sebelum menjadi produk jadi. Update direncanakan sebulan sekali.

Developer preview channel

    * Developer channel merupakan kanal dimana ide-ide diuji dan mungkin di anataranya akan gagal. Dev channel  mungkin akan sangat tidak stabil dan fitur-fitur baru biasanya memerlukan konfigurasi secara manual untuk mengaktifkannya. Dev channel releases dapat digunakan untuk orang-orang yang ingin membantu mengembangkan Google Chrome. Update direncanakan seminggu sekali.

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas pertama kali, Chrome 2.0 berada pada developer channel, meskipun mempunyai fitur-fitur terbaru, Developer preview channel merupakan pilihan yang paling tidak stabil dan bisa jadi akan mengakibatkan masalah dalam penggunaannya. Karena mungkin bisa saja terdapat beberapa bug.

Namun jika ingin terus menjadi yang pertama menjajal kehebatan dan feature-feature terbaru yang dihadirkan oleh Google Chrome, manfaatkan Developer preview channel dan ikuti petunjuknya dibawah ini :

Petunjuk Instal :

    * Download Google Chrome Channel Changer 2.0 kemudian jalankan. Download di link yang berada paling bawah dalam artikel ini.
    * Pilih Def : The latest features and bugfixes kemudian klik Update.
    * Buka Google Chrome, dan masuk tombol menu dan pilih About Google Chrome.

    * Klik Update Now untuk mengupdate ke Google Chrome rilis terbaru.
    * Restart Google Chrome.

Jika memang sukses maka setelah restart dan masuk ke About Google Chrome kembali akan dapat dilihat versi terbaru saat ini.

Fitur baru yang dihadirkan pada Google Chrome 2.0 developer preview antara lain :

    * Menggunakan engine Webkit dan V8 yang telah diperbaharui, implementasi fitur SafeBrowsing yang lebih baik dan protokol HTTP baru untuk memudahkan migrasi Chrome ke Mac dan Linux.
    * Form autocomplete — salah satu fitur terbesar yang tidak dimiliki versi awal Chrome.
    * Full page zoom — yang juga bekerja baik untuk gambar dan obyek-obyek lain di halaman, tidak hanya teks saja.
    * Auto scroll dengan menekan tombol tengah tetikus dan memilih arah yang diinginkan.
    * Dukungan profil untuk menyimpan konfigurasi dan data penggunaan web yang berbeda seperti bookmark, homepage, riwayat web dan lain-lain.
    * Dukungan untuk Greasemonkey atau user scripts.Penggunaan WebKit terkini yang mensupport fitur CSS non-standard Apple termasuk gradients, reflections, dan masks.
    * Edge docking yang memungkinkan men-drag suatu tab ke sisi dan terbuka sebagai jendela penuh atau ke sisi kanan atau kiri yang membuka jendela setengah layar.
    * Mendukung penggunaan user scripting. Untuk mengaktifkan fitur ini, Google Chrome harus dijalankan dengan menambah opsi —enable-user-scripts.
    * Mendukung full page zoom, form autocompletion, Google Bookmarks importing, dan middle-click drag scrolling

http://www.ziddu.com/download/12584372/chromechannel-2.0.exe.html">download